Sosialisasi SiKasep & SiKumbang Bersama 200 Perwakilan DPD Apersi dan Bank Pelaksana
Sosialisasi SiKasep & SiKumbang Bersama 200 Perwakilan DPD Apersi dan Bank Pelaksana

Sosialisasi SiKasep dan SiKumbang

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) melakukan sosialisasi SiKasep (Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan) dan SiKumbang (Sistem Informasi Kumpulan Pengembang) pada hari Senin (30/12) di Hotel Ambhara Jakarta di depan bank nasional himbara dan perwakilan dari asosiasi pengembang seluruh Indonesia.

Hadir dalam kesempatan tersebut, jajaran Direksi PPDPP, Direktur Pelaksana Perumahan Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR, bank pelaksana dan asosiasi pengembang.

Dalam pertemuaan tersebut, Direktur Utama PPDPP, Arief Sabaruddin menghimbau partisipasi dan dukungan kepada seluruh pengembang melalui asosiasi dan bank pelaksana untuk menyukseskan aplikasi yang sudah diluncurkan oleh Kementerian PUPR melalui PPDPP pada tanggal 19 Desember lalu, yaitu SiKasep, Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan.

Melalui aplikasi yang diluncurkan ini masyarakat dapat mengakses secara langsung perumahan yang mereka inginkan dan memilih bank pelaksana sesuai dengan yang diinginkan dan menunggu proses pengesahannya oleh perbankan.

Diharapkan dengan telah diluncurkannya apikasi ini pengembang dapat mengisi dan mendaftarkan semua perumahan yang dibangunnya kepada sistem ini. Mulai dari tanah kavling, siteplan, rumah yang baru dibangun, rumah yang sudah dibangun dan rumah yang sudah terjual maupun yang masih tersedia.

“Dengan data yang lengkap dari pengembang (bukan pengembang bodong), masyarakat dapat memilih perumahan yang diinginkan sesuai dengan data yang ada,” ujar Arief menjelaskan.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Operasi, Martanto didampingi oleh Kepala Divisi Teknologi Informasi, Moch Ihsan menjelaskan secara detail mengenai aplikasi SiKumbang yang butuh dukungan dari pengembang yang merupakan bagian dari Aplikasi SiKasep.

 

Sumber: Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP)